Minggu, 13 Mei 2012

Batasan Epidemiologi

B. BATASAN dan PENGERTIAN EPIDEMIOLOGI

Jika ditinjau dari asal kata (Bahasa Yunani) Epidemiologi berarti Ilmu yang mempelajari tentang penduduk (Epi = pada/tentang; Domos = penduduk; Logis = Ilmu). Sedangkan dalam pengertian modern saat ini EPIDEMIOLOGI adalah :

" Ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan distribusi (penyebaran) maslah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta determinannya (faktor-faktor yang mempengaruhi)".

Dari definisi diatas dapat dilihat bahwa dalam pengertian epidemiologi terdapat 3 hal pokok yaitu :

1. Frekuensi Masalah Kesehatan
Frekuensi yng dimaksud disini menunjukkan berapa besarnya masalah kesehatan yang terdapat pada sekelompok manusia/masyarakat. Untuk dapat mengetahui frekuensi suatu masalah kesehatan dengan tepat ada 2 hal yang harus dilakukan yaitu :
a. Menemukan masalah kesehatan yang dimaksud
b. Melakukan pengukuran atas masalah kesehatan yang ditemukan tersebut

2. Distribusi (penyebaran) Masalah Kesehatan
Yang dimaksud dengan penyebaran/distribusi masalah kesehatan disini adalah menunjuk kepada pengelompokan masalah kesehatan menurut suatu keadaan tertentu. Keadaan tertentu yang dimaksud dalam epidemiologi adalah :
a. Menurut ciri-ciri manusia (MAN)
b. Menurut tempat (PLACE)
c. Menurut waktu (TIME)

3. Determinan (faktor-faktor yang mempengaruhi)
Yang dimasud disini adalah menunjukkan kepada faktor penyebab dari suatu penyakit/masalah kesehatan baik yang menjelaskan frekuensi, penyebaran ataupun yang menerangkan penyebab menculnya masalah kesehatan itu sendiri. Dalam hal ini ada 3 langkah yang lazim dilakukan yaitu :
a. Merumuskan hipotesa tentang penyebab yang dimaksud
b. Melakukan pengujian terhadap rumusan hipotesa yang telah disusun
c. Menarik kesimpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar